5 Tips Menjaga Kekompakan Komunitasmu Supaya Lebih Maju

5 Tips Menjaga Kekompakan Komunitasmu Supaya Lebih Maju Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Istimewa

Kaum Rebahan ID -- Secara sederhana komunitas merupakan wadah untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang hobi ataupun kegemaran yang sama, kitapun pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini karena ada banyak sekali komunitas yang mudah kita temui di sekitar kita. 

 

Komunitas kerap kali dilanda perselisihan yang disebabkan oleh perbedaaan pendapat dari masing-masing anggotanya, ataupun hal sepele yang dibesar – besarkan. Pada dasarnya hal tersebut lumrah terjadi baik itu dalam komunitas ataupun kelompok - kelompok lainnya. 

 

Baca Juga:

Komunitas yang rukun tentunya menjadi dambaan bagi setiap anggotanya, nah kali ini Kaum Rebahan ID mau kasih 5 Tips Untuk Menjaga Kekompakan Agar Komunitasmu Lebih Maju. Penasarankan, yuk disimak.

 

1. Kopdar Rutin

Kopdar (Kopi Darat) merupakan agenda rutin yang di selenggarakan disetiap komunitas, ini merupakan salah satu agenda penting untuk dapat bersilaturahmi dengan anggota-anggota lainnya. Kegiatan ini juga penting dalam menjaga kekompakan komunitas kalian, ketika kekompakan sudah terjalin bukan tidak mungkin banyak calon anggota baru yang ingin bergabung dengan komunitas kalian.

 

2. Hindari Perselihan

Dalam hidup kita pasti akan menemui yang namanya perselisihan dan perbedaan pendapat, termasuk juga didalam lingkungan komunitas.  Apabila terdapat perselisihan antar anggota, sebisa mungkin kita harus bersikap netral. Jangan sampai kita ikut membela yang belum dapat dibuktikan kebenarannya, yang ada malah menjadikan situasi semakin memanas. 

 

Selesaikanlah perkara tersebut dengan cara kekeluargaan dan berilah solusi yang tidak merugikan kedua belah pihak, agar silaturahmi tetapdapat terjaga dengan baik. Dalam berkomunitas tentu kita harus mengedepankan sikap saling menghargai dan toleransi, karena komunitas merupakan tempat untuk mencari teman bukan mencari keributan.

 

Baca Juga:  

3. Kolaborasi

Agar komunitas kalian bisa semakin dikenal tidak ada salahnya untuk mengajak kerjasama atau berkolaborasi dengan komunitas lain, salah satunya seperti mengadakan kopdar gabungan lintas komunitas. Selain dapat menambah Networking, mengadakan kolaborasi dengan komunitas lain juga dapat mengangkat nama komunitas kita loh.

 

4. Bikin Merchandise

Meskipun untuk membuat merchandise akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Tidak perlu yang ribet-ribet, yang penting enak untuk dipandang. Salah satu contoh merchandise yang bisa kalian buat yaitu T-Shirt, selain dapat digunakan secara berkala juga dapat menambah rasa memiliki ataupun kecintaaan terhadap komunitas kalian.

 

5. Benahi Sosmed

Pastikan Sosmed komunitas kalian selalu update dan punya konten yang menarik. Karena di era saat ini penggunaan sosial media menjadi sangat penting dalam memberikan informasi, karena hal itulah penting untuk membenahi sosmed komunitas kalian.

0 komentar:

Posting Komentar