21 Resolusi Sederhana Di Tahun 2021 Yang Bisa Anda Terapkan

21 Resolusi Sederhana Di Tahun 2021 Yang Bisa Anda Terapkan
Sumber Gambar Liputan 6
Tidak terasa ya saat ini kita tengah berada di penghujung tahun 2020. Dan tidak lama lagi kita akan memasuki tahun baru 2021. Kita semua tahu di tahun 2020 ini merupakan tahun yang berat untuk dilalui dan meninggalkan luka yang mendalam karena kehadiran COVID19.

Sebelum memasuki tahun 2021 apakah anda sudah menyiapkan beberapa resolusi untuk diterapkan di tahun yang baru nanti agar hidup anda menjadi lebih baik? Jika belum, anda tidak perlu khawatir karena Kaum Rebahan ID telah merangkum 21 Resolusi Sederhana Di Tahun 2021 Yang Bisa Anda Terapkan. Penasaran kan? Yuk disimak sobat rebah.


1. Lebih Giat Menabung

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan yaitu dengan lebih giat menabung. Daripada uang saku anda dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak anda perlukan, alangkah baiknya jika uang tersebut anda tabung. Walaupun tidak banyak uang yang anda sisihkan, namun setidaknya uang tersebut akan berguna di masa yang akan datang.


Menabung bisa anda jadikan salah satu resolusi di tahun 2021, sebagai acuan untuk dapat mengontrol pengeluaran setiap bulannya. Karena dengan menabung secara tidak langsung anda akan belajar bagaimana cara memprioritaskan kebutuhan, bukan hanya berdasarkan keinginan semata.

 

2. Lebih Giat Membaca

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu dengan lebih giat membaca. Membaca buku bagi sebagian kalangan memang membosankan, namun dibalik kebosanan itu membaca buku memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain salah satunya dapat membuat wawasan anda menjadi lebih luas.


Tidak hanya menabung yang dapat anda jadikan sebagai resolusi tahun 2021, lebih giat membaca juga bisa anda jadikan resolusi untuk menambah wawasan yang anda miliki. Mulailah membaca buku dengan genre yang anda sukai, tidak perlu memulai dengan pembahasan yang berat namun pilihlah buku yang sekiranya memiliki pembahasan yang ringan dan mudah dibaca.

 

3. Lebih Giat Berolahraga

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu Lebih Giat berolahraga, sebagai kaum rebahan yang peduli dengan kesehatan jiwa dan raga tentunya kita sepakat bahwa olahraga sangat baik untuk tubuh kita tercinta ini.

 

Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, lebih giat berolahraga juga dapat mempertahankan bentuk tubuh yang proporsional. Anda dapat memulainya dari olahraga yang ringan terlebih dahulu, contohnya seperti jalan cepat atau jogging. Untuk durasinya tidak perlu terlalu lama, yang penting anda terapkan secara rutin. 

 

Namun yang harus diingat untuk anda Kaum Rebahan yang ingin memulai kembali aktifitas berolahraga, jangan pernah melupakan pemanasan. Bukan tanpa alasan, pemanasan sangat penting diterapkan  untuk meminimalisir keram otot dan hal-hal yang tidak diinginkan.

 

4. Jalin Kembali Tali Silaturahmi

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu menjalin kembali tali silaturahmi. Kita semua berharap agar pandemi ini dapat segera berakhir, tujuannya sudah jelas agar kita dapat dengan leluasa untuk menjalin kembali silaturahmi baik dengan keluarga maupun kerabat terdekat.


Kesibukan kerap kali dijadikan alasan untuk tidak menyambung tali silaturahmi, padahal ada banyak manfaat dan keutamaaan silaturahmi. Satu hal yang tidak boleh anda lupakan yaitu tetaplah menerapkan protokol kesehatan.

 

5. Pelajari Hal Baru

Pada dasarnya ada banyak hal baru yang dapat kita pelajari setiap harinya, beruntunglah kita sebagai kaum rebahan yang hidup di zaman modern seperti saat ini. Karena ilmu tidak hanya dapat dipelajari di institusi pendidikan formal saja, namun bisa juga dipelajari dari fenomena –fenomena yang terjadi di sekitar kita. 


Tidak hanya itu dengan kecanggihan teknologi, kita dapat mempelajari berbagai hal baik berbasis text maupun video tentunya dengan bantuan internet. Namun yang harus di ingat anda harus piawai dalam memilih sumber acuan informasi, jangan sampai anda membaca informasi yang sumbernya tidak kredibel.

 

6. Mendalami Atau Mencari Hobi Baru

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu Mendalami Atau Mencari Hobi Baru. Menekuni hobi bukanlah hal yang mustahil untuk diterapkan, terlebih jika hobi yang kita geluti memiliki banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita. Hobi tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi tingkat kecemasan, hobi juga dapat menghasilkan keuntungan baik material dan non material jika tekuni dengan baik dan benar.


Untuk anda kaum rebahan yang saat ini masih setia dengan hobi yang anda geluti, mimin cuma ingin berpesan tekunilah hobi anda dengan baik dan penuh keceriaan. Dan untuk anda yang ingin mencari hobi baru, carilah yang benar benar sesuai dengan kepribadian anda masing masing.

 

7. Berhenti Menunda

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu berhentilah menunda - nunda. Menunda segala sesuatu bukanlah hal yang baik untuk diterapkan, namun dalam keadaan pandemi seperti saat ini mau tidak mau kita harus mematuhinya. Dear kaum rebahan kita semua tahu Tahun 2020 meninggalkan berbagai ketidakpastian, sebagai manusia biasa tentu kita tidak dapat memprediksi kapan virus tak kasat mata ini akan berakhir.


Walaupun begitu kita tidak boleh putus harapan, kita berharap pandemi ini akan segera berakhir sebelum memasuki tahun 2021 agar kita dapat melanjutkan impian-impian kita yang sempat tertunda di tahun ini. Tahun 2021 kita harus lebih berani untuk menyelesaikan apa yang telah kita rencakan sebelumnya, jangan sampai budaya menunda – nunda masih menjadi tamu agung dalam hidup kita. 

 

8. Jangan Lupa bersyukur

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu jangan lupa bersyukur. Terkadang ketika terlalu fokus mengejar impian duniawi, membuat kita lupa untuk bersyukur. Padahal bersyukur sangat disarankan karena dapat membuat hidup kita lebih berwarna. 


Bersyukur dapat membuat kita lebih menghargai proses yang telah kita lalui, bukan berpacu pada hasil. Karena jika prosesnya sudah baik bukan tidak mungkin hasil yang akan didapatkan juga baik.


Kita juga harus bersyukur karena kita dapat melewati tahun yang berat ini, karena ada banyak sekali saudara – saudara kita baik di dalam maupun diluar negeri yang menjadi korban keganasan COVID-19. Tidak hanya itu pandemi yang belum kunjung usai juga membuat ekonomi dunia menjadi terguncang, tak heran tingkat pengangguran semakin bertambah. Oleh karena itu sebagai kaum rebahan yang menjunjung tinggi nilai keagamaan tentu jangan pernah lupa untuk bersyukur.

 

9. Donasikan Pakaian Yang Tidak Terpakai

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu mendonasikan pakaian yang tidak terpakai. Jika anda memiliki pakaian yang tidak terpakai, jangan khawatir karena anda bisa mendonasikan pakaian tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Namun kalau anda tidak ingin mendonasikannya anda bisa menjualnya, ada banyak sekali akun media sosial yang dapat anda manfaatkan untuk menjual barang ‘pre-loved’.


Namun yang harus anda ingat ketika ingin menjual ataupun mendonasikan pakaian tersebut, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu dengan detergent. Ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak inginkan, terlebih saat ini kita masih berada dalam masa pandemi.


10. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur

Resolusi tahun 2021 selanjutnya yang cocok untuk kaum rebahan adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur. Dimasa pandemi seperti saat ini, kita dituntut untuk tetap menjaga kesehatan. Salah satu cara yang dapat kita terapkan ialah dengan menjaga pola makan kita setiap harinya, oleh karena itu makanlah makanan yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh kita seperti buah dan sayur. Karena ketika imun tubuh kita kuat, bukan tidak mungkin akan mempersulit berbagai penyakit untuk hinggap ditubuh kita.

 

11. Piknik Bersama Keluarga Ataupun Kerabat

Dear kaum rebahan tahu gak sih Liburan atau yang biasa kita kenal dengan istilah piknik bisa anda jadikan sebagai salah satu resolusi tahun 2021. Liburan memiliki banyak sekali manfaat untuk diri kita salah satunya dapat membuat otak kita menjadi lebih fresh, ketika otak dan pikiran menjadi lebih fresh bukan tidak mungkin kita akan menjadi seseorang yang lebih produktif dan siap menjalani hari – hari.


Salah satu cara yang dapat membuat hati dan pikiranmu segar kembali yaitu dengan Menghabiskan lebih banyak waktu di alam terbuka, tentunya yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang tidak kalah indahnya.

 

12. Minimalisir Gaya Hidup Konsumtif

Dear Kaum Rebahan Salah satu contoh resolusi 2021 berikutnya yang bisa anda terapkan yaitu dengan meminimalisir gaya hidup konsumtif. Untuk meminimalisir gaya hidup konsumtif memang bukan perkara mudah, dibutuhkan keseriusan dan ketekunan untuk dapat menolak berbagai hasutan yang bermunculan dari dalam hati. Menjadi pribadi yang lebih sederhana, bukan berarti membatasi segala keinginan untuk memiliki suatu barang, namun lebih mengajarkan kita untuk lebih selektif memilih mana yang benar benar kita perlukan.

 

13. Perbanyak Sedekah

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu perbanyaklah bersedekah. Sedekah tidak hanya dapat meringankan beban para penerimanya, melainkan juga dapat bermanfaat bagi yang memberikannya. Tuhan YME tentunya sangat memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah, tidak hanya itu ia juga menjanjikan balasan setimpal bukan hanya di dunia saja namun juga di akhirat kelak.  Salah Satu balasan yang dijanjikan ialah sedekah dapat memperpanjang Usia.


14. Mantapkan Tujuan Hidup

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu memantapkan tujuan hidup. Dengan memantapkan tujuan hidup yang di imbangi dengan usaha dan doa bukan tidak mungkin anda akan lebih mudah untuk menggapai impianmu. Walaupun ada beberapa rintagan yang akan anda hadapi, dengan tujuan hidup yang kuat anda pasti dapat melewatinya. Oleh karena pupuk kembali semangatmu agar anda dapat menggapai impianmu.

 

15. Merakit PC Baru

Untuk terus menghasilkan karya – karya terbaik anda pasti membutuhkan perangkat yang dapat menunjang kinerja anda, perangkat tersebut bisa berupa PC, Laptop, Smartphone dan semacamnya. tapi ini merupakan hal yang tidak wajib alias opsional karena harus disesuaikan antara kebutuhan dan juga kondisi keuangan anda masing-masing. Namun apabila anda diberkahi rezeki yang berlebih, tidak ada salahnya kalau anda ingin mengupgrade alat-alat penunjang tersebut salah satunya merakit PC karena dapat meningkatkan produktifitas dan juga kinerja penggunanya.

 

16. Belajar Memasak

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu belajar memasak. Memasak bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya perempuan namun lelaki pun juga bisa mencobanya. Dengan memasak anda dapat menghemat berbagai pengeluaran bulanan, memasak juga dapat membuat anda lebih kreatif untuk mencoba membuat masakan yang enak dan juga mengenyangkan. Untuk kalian kaum rebahan yang ingin belajar memasak, mulailah dari yang paling mudah yaitu membuat mie instan.

 

17. Mencoba Berbisnis

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu mencoba berbisnis. Bagi sebagian kalangan berbisnis atau berwirausaha merupakan suatu hal yang menyenangkan, selain mendapat pengalaman yang hebat berwirausaha juga dapat memperluas networking. Dengan adanya internet aktifitas berwirausaha semakin berkembang, tidak heran jika kita dengan mudah menemui berbagai toko yang menjajakan produknya secara online.


Tidak ada salah jika anda mencoba peruntungan dengan cara berbisnis di usia muda, karena berbisnis diusia muda sangat menjanjikan. Ada banyak sekali ilmu yang bisa anda pelajari ketika anda tergerak untuk berwirausaha, ilmu tersebut tentunya tidak akan anda temui di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Namun anda akan belajar secara ototidak sesuai dengan pengalaman yang pernah anda lewati.


Tahukah anda bahwa Manusia paling sempurna dimuka bumi Nabi Muhammad SAW juga merupakan seorang wirausaha yang ulung, jadi jangan pernah minder untuk mencoba hal-hal baru terutama dalam hal berwirausaha.

 

18. Menjadi lebih percaya diri

Jangan pernah berkecil hati terhadap apapun yang anda alami saat ini, tentu tuhan punya alasan lain yang tidak anda tahu. Oleh karena itu percayalah pada kemampuan diri sendiri dan percaya ada rencana indah yang akan diberikan tuhan kepada anda, itu semua berkat kegigihan dan juga kerja keras anda selama ini.


Salah satu hal yang bisa anda terapkan untuk menambah kepercayaan diri yaitu dengan terus mendalami sesuatu hal yang anda kuasai, tapi semua itu kembali ke pribadi anda masing-masing.

 

19. Tetap Produktif

Walaupun anda memiliki hobi rebahan namun ternyata ada banyak hal produktif yang bisa anda terapkan , oleh karena itu jangan pernah berhenti untuk melakukan hal-hal yang produktif. Siapa tahu dari hal-hal yang produktif tersebut anda bisa mendapatkan keuntungan.

 

20. Merawat Diri

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu merawat diri. Walaupun ditengah hiruk pekerjaan yang menumpuk, merawat diri sudah menjadi kewajiban anda. Dengan rutin merawat diri dapat membuat anda jauh lebih segar yang tentunya dapat menambah kepercayaan diri. Merawat diri  bisa di terapkan  oleh siapa saja, baik lelaki maupun perempuan, oleh karena itu selagi ada kesempatan manfaatkanlah waktu untuk tetap merawat diri.


Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda terapkan untuk merawat diri, tentunya anda tidak memerlukan biaya yang dapat menguras isi dompet. Melakukan perawatan diri juga dapat membuat anda terlihat lebih profesional dalam bekerja, dan mendapatkan nilai tambah jika berjumpa dengan clien karena kerapihan anda.

 

21. Menikah Muda

Contoh resolusi tahun 2021 yang bisa anda terapkan selanjutnya yaitu menikah muda. Menikah merupakan ibadah dan memiliki banyak keutamaan salah satunya untuk melindungi diri dari perbuatan zinah. Anjuran untuk Menikah di usia muda pada dasarnya sah-sah saja, asalkan telah memenuhi beberapa aspek material maupun non material. Karena pernikahan itu adalah komitmen jangka panjang, bukan hanya untuk satu atau dua tahun saja. Oleh karena itu untuk anda kaum rebahan persiapkanlah bekal anda semaksimal mungkin sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan.

 

Itulah tadi 21 Resolusi Sederhana Di Tahun 2021 Yang Bisa Anda Terapkan, semoga dapat bermanfaat ya sobat rebah dan tetap semangat untuk meraih mimpi.

3 komentar:

  1. yang nomor 9 udah pengen banget dilakukan, tapi bingung mau dikasih ke siapa. Karena baju-baju kebanyakan gak terpakai karena rusak, tapi sayang masih bagus kalau diperbaiki. :( Dilema. Kalau dibuang gitu aja, bakalan jadi sampah. Mau dikasih rasanya udah gak layak. :(

    BalasHapus