5 Tips Touring Yang Aman Dan Menyenangkan Ala Kaum Rebahan ID

5 Tips Touring Yang Aman Dan Menyenangkan Ala Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar TeRuCI Chapter Tangerang
Dear Kaum Rebahan, bagi kalian pecinta otomotif yang tergabung dalam suatu komunitas tentunya tidak asing lagi dengan istilah Touring. Secara sederhana Touring merupakan agenda wajib di setiap komunitas kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Biasanya Touring dilakukan dalam rangka menghadiri perayaan Anniversary lintas chapter, Munas (Musyawarah Nasional) ataupun agenda - agenda lain yang berkaitan.


Walaupun Touring merupakan agenda wajib bagi setiap anggota komunitas namun Etika Berkendara harus tetap dijaga ya sobat rebah, tentunya untuk menjaga nama baik dan marwah dari komunitas yang kita ikuti. Karena bukan hanya pengurus nasional ataupun chapter yang wajib menjaga nama baik komunitas, namun setiap Premium Member pun mempunyai kewajiban yang sama. Jangan sampai kita merasa jumawa dan bertindak seenaknya kepada pengendara lain yang bukan anggota komunitas kita.


Touring memiliki banyak manfaat diantaranya menambah keakrabahan antar sesama premium member, menambah skill berkendara, menambah wawasan, dan pastinya membuat hati senang.


Perjalanan akan semakin aman dan menyenangkan karena setiap rangkaian Touring dipandu oleh seorang RC (Road Captain) dan Sweaper melalui sambungan Radio Komunikasi Bergerak. RC bertugas memandu jalannya rangkaian agar selamat sampai tujuan, ia dituntut untuk aktif dalam memberi informasi mengenai kontur jalan, dan petunjuk arah agar memudahkan anggota lainnya yang tergabung dalam rangkaian tersebut. 

 

Baca Juga:

Sweaper bertugas untuk memantau rangkaian, apakah ada yang tertinggal atau tidak. Ia juga harus terus berkomunikasi dengan RC untuk memastikan saat yang tepat untuk berpindah jalur.

 

Namun sebelum touring ternyata ada hal - hal yang harus kita perhatikan loh sobat rebah, mulai dari kondisi kendaraan, kondisi emosional dan masih banyak lagi. Kali ini Kaum Rebahan ID mau kasih Tips buat kalian terutama yang baru pertama kali touring. Yuk disimak 5 Tips Touring Yang Aman Dan Menyenangkan Ala Kaum Rebahan ID.


1. Pastikan Kondisi Kendaraan Layak Jalan

Hal pertama yang harus kita perhatikan ialah kondisi kendaraan, karena Ketika Touring kondisi kendaraan harus dalam keadaan prima. Jarak tempuh yang tidak singkat merupakan salah satu alasan kenapa hal tersebut harus dilakukan, ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan seperti mengalami trouble di jalan dan semacamnya.

 

2. Bawa Obat - Obatan Pribadi

Walaupun panitia ataupun pengurus dari komunitas telah menyediakan obat – obatan, namun tetap saja obat yang mereka sediakan hanya sebatas obat generik yang dapat dengan mudah kita beli di warung ataupun apotek terdekat. Sebagai anggota komunitas yang baik kita pun harus menyiapkan obat – obatan yang kita perlukan, terlebih jika kita memiliki penyakit bawaan seperti Asma, Jantung dll.  Tujuannya untuk meminimalisir hal - hal yang tidak di inginkan.

 

3. Usahakan Bahan Bakar Dalam Keadaan Full Tank

Setiap ingin memulai perjalanan jarak jauh usahakan bahan bakar kendaraan dalam keadaan penuh, jika bahan bakar tidak penuh bukan tidak mungkin konsentrasi kita akan terpecah untuk mencari SPBU terdekat.  Jangan pernah malu meminta ijin untuk mengisi bahan bakar terlebih dahulu,  karena untuk kepentingan bersama. 


  Baca Juga:

4. Selalu Gunakan Safety Belt (Sabuk Pengaman)

Safety Belt (Sabuk Pengaman) adalah piranti wajib yang harus selalu digunakan ketika berkendara menggunakan kendaraan roda empat ataupun lebih karena dapat melindungi kita dari benturan pada saat terjadi kecelakaan.


Penggunaan sabuk pengaman juga telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (LLAJ), pasal 106 ayat (6). 


Yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor atau penumpang yang duduk di samping pengemudi yang tidak mengenakan sabuk keselamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (6) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”.


5. Tertib Berlalu Lintas

Walaupun sedang Touring kitapun harus tetap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, karena salah satu penyebab utama kecelakaan yaitu pelanggaran lalu lintas. Hormatilah sesama pengguna jalan, beri jalan apabila memungkinkan.

0 komentar:

Posting Komentar