Ini Alasan Kenapa Virtual Meeting Menjadi Sangat Melelahkan

Ini Alasan Kenapa Virtual Meeting Menjadi Sangat Melelahkan
Sumber: Freepik

Kaum Rebahan ID -- Dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, bisa dibilang hampir mayoritas kegiatan yang kita lakukan lebih banyak dilakukan didalam rumah, tidak terkecuali untuk bekerja. Pandemi Corona saat ini juga menyebabkan kalian yang biasanya masuk ke kantor untuk bekerja, terpaksa harus bekerja dari rumah saja. Tujuannya jelas untuk mengurai dan mengurangi penyeberan virus Covid-19 dilingkungan kantor.


Salah satu sarana atau media yang digunakan untuk tetap berinteraksi atau tetap berkomunikasi dengan para rekan karyawan atau bos adalah dengan melakukan virtual meeting atau pertemuan meeting secara virtual. Pada dasarnya hampir sama dengan meeting dikantor atau bertemu dengan client atau partner bisnis, hanya saja kali ini dilakuakn secara virtual. Aplikasi virtual meeting seperti Zoom maupun Google Meeting merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan kegiatan virtual meeting tersebut.

 

Tapi meskipun kedengarnnya mudah, tapi melakukan virtual meeting bisa sangat melelahkan. Terlebih bila kamu menghadapi banyak meeting atau pertemuan yang mengharuskan kamu untum tetap menjaga konsentrasi serta mimic wajah yang segar. Nah berikut Kaum Rebahan ID merangkum apa saja sih alasan kenapa virtual meeting bisa sangat melelahkan.


1. Membutuhkan Fokus Yang Lebih Banyak

 
Dalam virtula meeting, kalian akan dituntut untuk lebih fokus bila dibandingkan melakukan meeting tatap muka pada umumnya. Dalam virtual meeting kalian harus bekerja keras untuk memproses isyarat non verbal seperti ekspresi wajah, gerak tubuh, dan gaya bicara yang membutuhkan banyak energi.


2. Merasa Seperti Diawasi

 
Melakukan virtual meeting tidak semudah yang kalian bayangkan. Dalam virtual meeting tersebut, anda akan selalu diawasi oleh orang-orang yang mengikuti meeting tersebut. Hal itu akan membuat kalian merasa terbebani untuk harus tampil sesempurna mungkin dan tidak bisa lebih rileks daripada biasanya.


3. Faktor Teknologi

 
Trend virtual meeting ini memang baru mulai ngetrend dikalangan masyarakat pada saat pandemi Covid-19 ini muncul pertama kali. Pada awalnya memang akan membuat orang menjadi tidak terbiasa atau kagok untuk melakukannya karena belum terbiasa dan terasa sangat melelahkan apabila sering menghadapi koneksi intertnet yang lemah. Tapi seiring berjalannya waktu pasti sudah mulai akan mahir dan tidak kaget menggunakan aplikasi virtual meeting untuk kebutuhan kerja dan bisnis kalian.


4. Fokus Memerhatikan Orang Yang Sedang Berbicara

 
Dalam virtual meeting, pastinya kalian akan berbicara atau berinteraksi dengan orang banyak, meskipun hanya melalui virtual dan jarak jauh. Tapi ternyata hal bila kita harus memperhatikan pembicaran dan terlalu lama berfokus pada apa yang ditampilkan dilayar, pastinya akan membuat kalian merasa lelah dan menjadi tidak berkonsentrasi lagi deh.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah kenapa virtual meeting bisa menjadi sangat melelahkan versi dari Kaum Rebahan ID. Nah kalau kalian merasa lelah selama mengikuti virtual meeting, kalian coba untuk rileks sejenak dan buang segala beban pikiran kalian yang pastinya berguna banget agar virtual meeting kalian jadi lebih nyaman lagi.

2 komentar: