5 Tips Membangun Channel Youtube Kartun Animasi Sederhana

 

5 Tips Membangun Channel Youtube Kartun Animasi Sederhana Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Animasi Bejo

Kaum Rebahan ID -- Seiring perkembangan zaman pembuatan animasi sudah semakin canggih,  gambar yang dihasilkan pun dapat memanjakan mata.  Contoh yang paling mudah kita temui perbedaannya yaitu pada kartun Upin dan Ipin.   


Kita semua tahu pada awal kemunculannya kartun Upin dan Ipin memiliki tampilan grafis yang cukup mumpuni namun beberapa tahun kemudian tampilan grafisnya menjadi lebih halus dengan paduan warna yang jernih banget.

Usut punya usut ternyata dalam membuat satu episode kartun itu tidak mudah loh sobat rebah,  butuh perjuangan dan kreativitas yang tinggi.  Selain dituntut untuk jago menggambar baik secara manual maupun digital ternyata ada hal - hal lainnya yang harus kita Perhatikan diantaranya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dan yang paling penting adalah konsistensi. 

 

Sebagai WNI (Warga Negara Indonesia) kita patut berbangga karena sudah banyak sekali saudara -  saudara kita yang menorehkan prestasi dalam bidang animasi baik di dalam maupun di luar negeri.  Di Youtube pun dapat dengan mudah kita temui kreator - kreator handal dalam negeri yang sedang membangun channel khusus animasi.

 

Salah satu channel kartun animasi 2 dimensi yang sedang berkembang untuk kategori pemula ialah Animasi Bejo. Animasi bejo adalah kartun animasi 2 dimensi bergenre komedi,  target audience dari kartun ini ialah anak-anak sd yang tengah beranjak remaja.

 

Kartun ini bercerita tentang kehidupan sehari - hari dua sahabat karib yakni Bejo & Botak, dimana botak diperankan sebagai karakter yang lemot dan lugu. Sementara bejo memiliki karakter yang lugas seperti anak laki-laki pada umumnya. Ujar Tebe Pemilik Channel Animasi Bejo.

 

Dalam kesempatan ini tebe juga membagikan tips untuk kamu yang ingin membangun channel animasi 2 dimensi di youtube, Penasaran kan,  biar gak penasaran yuk disimak 5 Tips Membangun Channel Youtube Kartun Animasi Sederhana yang telah dirangkum Kaum Rebahan ID

 

1. Brainstorming

Mungkin ini sedikit melelahkan,  namun disinilah momen untuk mencurahkan berbagai ide yang ada di dalam pikiran kita menjadi suatu konten yang berkualitas.  Ide tersebut harus kita diskusikan terlebih dahulu dengan tim,  tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran terkait jalan cerita yang akan kita buat. Kita percaya setiap manusia dibekali akal pikiran,  dan kita juga percaya akan muncul ide - ide brilian ketika semuanya kita diskusikan bersama.

 

2. Pembuatan Jalan Cerita &  Skenario

Ketika ide - ide brilian sudah kita dapatkan,  langkah selanjutnya adalah membuat jalan cerita dan skenario.  Ini penting dilakukan agar dapat memahami jalan cerita dari episode yang akan kita buat.  Skenario pun juga dibutuhkan bagi dubber maupun tim design, tanpa skenario mereka akan kesulitan mendapatkan gambaran tentang episode ini. 

 

3. Tim Design ekseskusi

Ketika skenario telah rampung kini giliran tim design yang mengeksekusi, mulai dari membuat background yang sesuai dengan tema dan masih banyak lagi lainnya. Namun jangan khawatir karena untuk membuat design untuk animasi pemula seperti animasi bejo terbilang cukup mudah dan tidak serumit animasi - animasi di TV.  

 

4. Dubber

Menjadi seorang dubber tentu tidak mudah, dibutuhkan karakter suara yang khas. Untuk kartun animasi sendiri memiliki karakteristik suara yang terdengar cempreng, tak jarang untuk mendapatkan karakteristik suara seperti itu seorang dubber pemula memencet hidungnya sembari menahan nafas untuk menghasilkan suara yang dimaksud.  Proses ini pun tidak dilakukan sekali saja,  dibutuhkan beberapa kali take untuk mendapatkan hasil suara yang terbaik. 

 

5. Tonton Bersama

Ketika satu episode telah rampung jangan lupa untuk selalu mengecek kembali kualitasnya dengan menontonnya bersama dengan tim,  tujuannya untuk memastikan episode tersebut layak ditayangkan atau tidak.  Ketika semua sepakat silakan di publish namun jangan lupa untuk selalu mempromosikan video tersebut ya untuk mendongkrak viewer dan jam tayang.

 

Itulah tadi 5 Tips Membangun Channel Youtube Kartun Animasi Sederhana yang telah dirangkum Kaum Rebahan ID, selain lima tips diatas tetap dibutuhkan konsistensi dan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang mumpuni.

0 komentar:

Posting Komentar