Mau Road Trip Dengan Sepeda Motor? Simak Tips Dari Kaum Rebahan ID Berikut Ini

Sumber: Freepik
 

Kaum Rebahan ID -- Salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan untuk mengisi waktu libur adalah dengan jalan-jalan atau traveling. Dengan travelling akan membuat kalian semakin rileks dan melepaskan segala beban dan pikiran dari segala rutinitas aktivitas yang kalian lakukan saat ini. Travelling sendiri memiliki banyak jenis transportasi yang bisa kalian gunakan, salah satunya dengan menggunakan sepeda motor.

 

Yah kalian gak salah dengar, dengan sepeda motor. Mungkin kedengarannya agak aneh bila bepergian saat traveling, apalagi yang jarak jauh menggunakan sepeda motor. Mungkin yang terpintas dibenak kalian kalau mau melakukan traveling atau road trip dengan kendaraan pribadi secara nyaman dan aman yah menggunakan mobil. Karena dengan mobil setidaknya kalian akan terbebas dari panas dan hujan dan yang terpenting, dengan mobil kita bisa memuat orang yang banyak dan barang yang lebih banyak juga.


Tapi bila memutuskan ingin bepergian road trip dengan sepeda motor juga bukan pilihan yang salah. Malah dengan road trip mengendarai sepeda motor akan memiliki sensasi yang tidak kalah menarik dan bahkan kalian akan menemukan hal-hal menarik yang mungkin tidak akan ditemukan bila bepergian dengan road trip. Nah sebelum kalian melakukan road trip dengan sepeda motor, kalian perlu simak tips dan apa saja ynag perlu kalian perhatikan dari Kaum Rebahan ID berikut ini.


1. Memeriksa Berbagai Komponen Di Motor Kalian

 
Hal utama yang perlu kalian lakukan sebelum kalian melakukan road trip dengan sepeda motor adalah dengan memeriksa komponen penting yang ada dimotor kalian. Pastikan berbagai komponen yang ada dimotor kalian berfungsi dengan baik dan tidak bermasalah seperti rem, lampu, ban, jok, dan rantainya. Untuk itulah setidaknya untuk memastikan lagi tidak ada salah untuk melakukan servis berkala dibengkel sebelum kalian melakukan road trip, terlebih bila melakukan road trip jarak jauh.


2. Menegtahui Jalan Yang Akan Dilalui

 
Hal berikutnya yang cukup penting sebelum melakukan road trip dengan sepeda motor adalah dengan mempelajari rute yang akan dilewati. Terlebih bila rute yang digunakan belum pernah kalian ketahui sebelumnya, untuk lebih memperhatikan kembali jalur yang akan dilewati. Hal ini untuk mengetahui apakah jalur yang kalian lewati nantinya apakah melewati jalan pegunungan, jalan yang lurus, atau akan melewati jalan yang rudak dan berlubang, yang nantinya akan berhubungan dengan kondisi motor kalian.


3. Mempersiapkan Perangkat Berkendara

 
Nah hal berikutnya yang sangat penting yaitu dengan menyiapkan peralatan berkendara yang baik dan proper. Alat pertama yang wajib kalian gunakan pastinya adalah helm, karena dengan helm akan melindungi kepala kalian bila terjadi kecelakaan. Dan juga supaya lebih aman, alangkah baiknya juga anda menggunakan pelindung lutut dan sikut serta pakaian dan jaket yang memang difungsikan untuk berkendara dengan sepeda motor.


4. Mempersiapkan Surat-Surat Resmi Yang Diperlukan

 
Terkadang hal yang satu ini banyak diremehkan para pengendara dengan alasan sudah yakin surat-surat yang dibutuhkan masih berlaku, meskpun ini juga cukup penting. Yap pastikan kalian juga mengcek apakah surat-surat kalian masih berlaku atau tidak seperti SIM dan STNK, karena siapa tau ajah dijalan kalian akan menemui razia dari kepolisian yang mengharuskan kalian menunjukan surat-surat tersebut.


5. Persiapkan Kondisi Fisik Seprima Mungkin

 
Hal yang satu ini bisa dibilang cukup krusial sbelum kalian bepergian jarak jauh dengan sepeda motor adalah mempersiapkan kondisi tubuh kalian sebaik mungkin. Pastikan kondisi tubuh kalian sehat walafiat dan juga istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin untuk menjaga stamina tubuh tetap prima selama berkendara jarak jauh dengan sepeda motor.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah tips dan trik nuat kalian yang ingin bepergian road trip dengan sepeda motor versi Kaum Rebahan ID. Nah pastikan yah kondisi motor kalian dalam kondisi prima dan kalian jangan terlalu memaksakan terus berkendara yah dan setidaknya selama perjalanan juag diselingi dengan waktu istirahat yang cukup pastinya dan yang terpenting untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas pastinya.

0 komentar:

Posting Komentar