5 Tips Untuk Tetap Kreatif Ditengah Keterbatasan Ekonomi

 

5 Tips Untuk Tetap Kreatif Ditengah Keterbatasan Ekonomi Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Freepik

Dear Kaum Rebahan bagaimanapun juga kreativitas harus tersalurkan, jangan sampai karena keterbatasan ekonomi menjadi suatu penghalang untuk dapat bergerak maju. Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan kita anugerah yang luar biasa yaitu akal pikiran, jadi sayang banget kalau misalnya akal pikiran tersebut tidak kita gunakan dengan baik hanya karena keterbatasan ekonomi. 

 Baca Juga : 

Satu hal yang mesti diingat, jangan jadikan keterbatasan ekonomi menjadi penghalang kreatifitasmu tapi jadikanlah keterbatasan ekonomi sebagai motivasi untuk terus bergerak maju. Teruslah bergerak untuk mendapatkan hasil dari jerih payahmu sendiri, karena kita tidak akan pernah tahu diusaha yang keberapa akan mendapatkan hasilnya.


Percaya atau tidak setiap perubahan besar dimulai dari hal - hal kecil yang dianggap sepele, oleh karena itu jangan sampai menyepelekan hal kecil ya sobat rebah. Kali ini Kaum Rebahan ID mau kasih 5 Tips Untuk Tetap Kreatif Ditengah Keterbatasan Ekonomi, penasarankan sama tipsnya yuk disimak.

 

1. Terus Berlatih

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreatifitasmu yaitu dengan Terus Berlatih. Jangan minder kalau kamu merasa karyamu masih sangat sederhana, teruslah berlatih agar kamu bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Percayalah kreator - kreator handal diluar sana bukanlah malaikat yang bisa membuat karya indah dalam waktu singkat, melainkan mereka terus berusaha membuat yang terbaik.  

 

Kamu pasti mengenal Chandraliaw kan,  yap betul Youtuber muda asal Indonesia yang cukup buming kala itu. Coba kamu telusuri video pertamanya ketika ia mulai terjun ke Youtube dan bandingkan dengan videonya saat ini. Terlihat jauh kan perbedaanya, itu adalah buah dari kesabaran dan ketekunan untuk terus berlatih. Ia juga memiliki slogan "Gapapa jelek yang penting sombong" yang sempat viral saat itu.

 

2. Perbanyak Referensi

Ada banyak sekali karya anak negeri yang memanjakan mata, kitapun dapat menemukannya dengan mudah melalui mesin pencari. Kalau kamu seorang  Graphic Designer simpanlah Design ataupun gambar yang menurutmu bagus untuk dijadikan referensi. Semakin banyak referensi yang kamu simpan, otakmu juga akan berpikir kreatif bagaimana caranya bisa membuat karya sebaik itu.  

 

Rio purba seorang Youtuber yang juga berprofesi sebagai Graphic Designer Freelance juga pernah berkata "Sebagus bagusnya design pasti ada yang tak suka,  sejelek jeleknya design pasti ada aja yang suka". 

 

3. Amati Tiru Modifikasi

Setelah mendapatkan banyak referensi, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah ATM (Amati Tiru Modifikasi). Cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menambah jam terbang, karena semakin banyak jam terbang maka secara otomatis kamu akan terbiasa untuk memodifikasi ide - ide menjadi suatu karya yang memiliki nilai. Namun yang harus kamu perhatikan adalah jangan melakukan plagiat, walaupun kamu terinspirasi dari karya seseorang. Usahakan untuk memodifikasi karya tersebut agar menjadi karya yang ciamik.

 

 Baca Juga : 

4. Manfaatkan Yang Ada

Dengan memaksimalkan alat - alat penunjang yang kita punya, secara tidak langsung kita dapat survive ditengah keterbatasan ekonomi. Perlu diingat alat - alat penunjang tidak dapat kita jadikan alasan untuk berhenti berkarya, tapi inilah motivasi kita untuk terus berkarya. Ketika kita telah mendapatkan hasil dari karya yang kita buat, bukan tidak mungkin natinya kita juga bisa membeli alat - alat penunjang yang lebih baik seperti kebanyakan orang.

 

5. Jangan Lupa Bersyukur

Cobalah tengok kebelakang, lihatlah karya pertama yang kalian buat. Bandingkanlah dengan karya yang kalian buat saat ini, tentu akan terlihat jelas perbedaanya. Pelbagai proses telah dilewati, mental kita pun ditempa kerasnya cuitan Netizen (Masyarakat Dunia Maya) karna mereka menilai karya kita kurang menarik. Tapi semua itu adalah proses untuk menghasilkan suatu Mahakarya, dengan catatan jangan pernah menyerah.  Perbanyaklah bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa  kepada kita, dengan begitu kita akan lebih semangat menghasilkan karya-karya yang ciamik.

 

Itulah tadi 5 Tips Untuk Tetap Kreatif Ditengah Keterbatasan Ekonomi yang telah di rangkum oleh Kaum Rebahan ID semoga dapat bermanfaat ya sobat rebah.

0 komentar:

Posting Komentar