5 Alasan Kenapa Harus Pilah Sampah Dari Rumah

 

5 Alasan Kenapa Harus Pilah Sampah Dari Rumah  Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Freepik

Dear Kaum Rebahan, ngomongin masalah sampah memang tidak akan pernah ada habisnya. Bukan cuma kita,  keluarga kita,  teman-teman kita pun juga termasuk sebagai kandidat penyumbang sampah setiap harinya. Salah satu yang mudah kita temui yaitu sampah rumah tangga, seperti sisa-sisa makanan, penggunaan botol plastik sekali pakai dan masih banyak lagi. 

 

Coba kita bayangkan ada berapa banyak sampah yang kita hasilkan setiap harinya, mungkin tidak sebanyak yang dibayangkan. Namun kalau kita kalikan dengan banyak penduduk di Indonesia pasti akan terlihat banyaknya. 

 

Belum lagi ada banyak sampah yang belum bisa terurai.  Jelas ini bukan hanya tugas pemerintah semata,  namun juga ini adalah tugas kita bersama. Salah satu langkah sederhana yang bisa kita lakukan ialah dengan memilah sampah dari rumah, dengah memilah sampah dari rumah setidaknya kita telah membantu meringankan beban petugas kebersihan. Untuk kamu yang penasaran kenapa harus pilah sampah dari rumah, berikut ini adalah 5 Alasan kenapa harus pilah sampah dari rumah yang telah dirangkum Kaum Rebahan ID.

 

1.Memudahkan Petugas

Kita semua tahu,  sampah memiliki beberapa golongan.  Organik,  Anorganik & B3. Jika sampah tersebut tercampur,  bukan tidak mungkin menyulitkan petugas kebersihan untuk memilah kembali sampah tersebut.  Perlu di ketahui memilah sampah juga membutuhkan waktu,  semakin banyak sampah yang tercampur maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan petugas untuk memilah sampah tersebut.  

 

2. Mengedukasi Diri 

Dengan memilah sampah dari rumah secara tidak langsung kita telah belajar bagaimana cara memilah sampah beserta golongannya,  sehingga kepedulian dan wawasan kita terhadap sampah pun semakin berkembang.  

 

Selain itu kita dapat memahami bahwasanya sampah pun memiliki nilai.  Sampah yang tidak terpakai tersebut jika kita setorkan ke TPS3R,  Bank Sampah, ataupun Pengepul tentunya ada keuntungan yang akan kita dapatkan dengan catatan sampah tersebut telah kita klasifikasikan sesuai dengan golongannya, seperti kumpulan botol plastik,  piring plastik dll.

 

Apabila kita menyetorkan ke Dinas Lingkungan hidup setempat,  kita juga akan mendapatkan pahala dari hasil sampah yang kita setorkan tersebut.  Karena mereka memiliki program kerjasama dengan lembaga penyaluran infaq & sodaqoh. Keuntungan dari hasil sampah tersebut,  akan di donasikan ke lembaga amal untuk disumbangkan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. 

 

3. Menjadi pelopor

Ada berbagai gerakan kebersihan diluar sana yang mengadakan aksi luar biasa.  Namun alangkah lebih baik jika kita mulai dari lingkungan kita sendiri sebelum hinggap di lingkungan orang lain.  Karena ini adalah bekal kita jika ingin bergabung dengan berbagai gerakan positif tersebut. 

 

Ketika kesadaran sudah terbentuk dari dalam diri sendiri, bukan tidak mungkin kita pun akan lebih mendalami ketika bergabung dengan mereka. Seperti pada waktu sharing sesiion maka kita pun akan lebih mudah untuk mencerna materinya.

 

4.Lingkungan Menjadi  Bersih

Dengan rutin memilah sampah dari rumah,  membuat lingkungan rumah kita menjadi bersih.  Karena sampah - sampah tersebut sudah kita klarifikasikan kedalam golongannya masing-masing.  Bukankah kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan,  karena kebersihan adalah sebagian dari Iman.

 

5.Mendapatkan pahala

Hampir sama seperti pada poin pertama diatas,  dengan memilah sampah dari rumah setidaknya kita telah membantu meringankan beban petugas kebersihan. Karena sebanyak apapun petugas kebersihan, jika kesadaran memilah sampah dari rumah masing sangat minim tentu tidak akan berjalan secara optimal.  

 

Pada dasarnya kita juga tetap membutuhkan effort dari pemerintah untuk mengentaskan permasalahan sampah khususnya di Indonesia, karena dengan dukungan pemerintah dan ketersediaan alat alat yang memadai bukan tidak mungkin sedikit demi sedikit permasalahan sampah bisa teratasi.

0 komentar:

Posting Komentar