Rapid Test Saat Naik Transportasi Umum, Ini Yang Perlu Kalian Ketahui

Rapid Test Saat Naik Transportasi Umum, Ini Yang Perlu Kalian Ketahui
 

Kaum Rebahan ID -- Ditengah masih tinggi kasus positif Covid-19, khususnya di Indonesia, membuat kewaspadaan akan penularan Covid-19 ini semakin diperhatikan. Tidak terkecuali didalam transportasi umum seperti pesawat atau kereta api saat bepergian keluar kota atau bahkan keluar negeri. Dengan resiko penularan yang tinggi didalam transportasi umum membuat operator transportasi umum memperketat peraturan soal pencegahan penularan Covid-19.

 

Salah satu contohnya adalah dimana calon penumpang yang ingin bepergian keluar kota seperti pesawat dan kereta api diwajibkan membawa hasil surat keterangan Rapid Test atau Swab Test dengan hasil negative atau non reaktif sebelum diizinkan untuk melakukan boarding atau check in. Biasanya maskapai penerbangan menyediakan fasilitas rapid test untuk mempermudah penumpang yang ingin melakukan rapid test.


Dan juga selain disediakan oleh maskapai atau PT Kereta Api Indonesia bila anda bepergian dengan kereta api, rapid test atau swab test bisa dilakukan diklinik atau rumah sakit yang sudah ditunjuk untuk rapid test atau swab test yang dianjurkan. Dan juga biasanya masa berlaku hasil rapid test atau swab test yang diwajibkan sebagai syarat agar bisa bepergian dengan transportasi umum tersebut adalah 14 hari atau 2 minggu.


Tapi baru-baru ini, Kemenhub melalui Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan bahwa mulai musim liburan Panjang Maulid Nabi akhir Oktober ini, bus dan ferry tidak perlu lagi mengsyaratkan rapid test sebgai syarat agar bisa bepergian dengan bus maupun kapal ferry. Tetapi Budi juga menambahkan bahwa khusus untuk penyeberangan masuk ke pulau Bali, syarat rapid test dan swab test masih berlaku sebagai syarat masuk ke Pulau Dewata tersebut.


Nah jadi sekarang buat kalian yang ingin bepergian dengan bus maupun kapal ferry, sekarang kalian tidak perlu memerlukan syarat rapid test maupun swab test sebagai syarat untuk bepergian menggunaka transportasi tersebut kecuali bila kalian ingin menyeberang ke pulau Bali. Tapi pastikan juga untuk kalian selalu mematuhi protokol Kesehatan yang ketat dengan sering mencuci tangan, menggunakan masker yang sesuai ketentuan, dan yang paling penting untuk tetap menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.


Dan juga buat kalian yang ingin liburan Panjang akhir Oktober ini, jangan lupa untuk selalu mengikuti anjuran dan instruksi dari operator transportasi yang kalian tumpangi, dan juga untuk tetap selalu menjaga diri kalian yah dari penularan Covid-19.

0 komentar:

Posting Komentar