Jatuh Saat Berkendara Dengan Motor, Berikut Tips Pertolongan Pertamanya

Sumber: wahanahonda.com
Kaum Rebahan ID -- Musibah menang tidak akan pernah tau kapan akan datangnya. Salah satunya adalah ketika berkendara dengan sepeda motor. Banyak resiko ketika kita berkendara dengan sepeda motor, salah satunya adalah resiko kecelakaan yang tinggi. Akibat yang terjadi bila mengalami insiden kecelakaan motor bisa bermacam-macam, seperti luka, cidera, atau bahkan yang paling fatal, nyawa akan menjadi pertahurannya.

 

Pastinya kalian tidak ingin kan mengalami kejadian yang sangat-sangat tidak diharpkan itu. Memang kita tidak bisa menghindari sepenuhnya apabila kita memang lagi sial atau terkena musibah kecelakaan dengan sepeda motor, entah karena tabrakan atau jatuh terpeleset dijalanan licin. Tapi adakalanya kalian yng mengalami jatuh dari motor tidak mengalami cidera atau luka yang serius juga jangan meremehkan itu juga, harus ada pertolongan pertama juga agar tidak menular kebagian tubuh lainnya.

 

Nah berikut kita sammpaikan tips pertolongan pertama bila kamu mengalami terjatuh dari motor versi dari tim KaumRebahan.id berikut ini, semoga bisa bermanfaat. 


1. Mencuci Tangan

 
Jika kamu mengalami luka lecet, pastikan sebelum kalian mengobati luka lecet tersebut untuk mencuci tangan kalian dengan air dan sabun. Hal ini diperlukan agar membersihkan kuman dan bakteri yang menyebabkan infeksi pada luka kalian.


2. Mencuci Luka Yang Lecet

 
Setelah mencuci tangan kalian dengan bersih, selanjutnya adalah mencuci luka kalian yang lecet. Yang perlu diperhatikan jangan digosok atau menekan terlalu dalam. Hal itu menyebabkan pendarahan yang lebih parah lagi.


3. Membersihkan Luka

 
Setelah mencuci luka, selanjutnya kalian membersihkan kotoran yang ada didalam luka kalian. Kalian bisa menggunakan alat seperti pinset yang sudah distreilkan dengan alkohol atau obat antiseptik yang memang khusus untk obat luka. Pastikan kalian membersihkan lukanya dengan hati-hati yah.


4. Oleskan Krim Antibiotik

 
Setelah itu kalian oleskan luka kalian yang dibersihkan dengan krim antibiotik. Jenis krim antibiotik yang bisa kamu oleskan tanpa resep dokter adalah bacitracin, Neosporin, atau polysporin. Denganj krim antoibiotik tersebut dapat menjaga kelembapan kulit kalian dan mencegah timbulnya infeksi pada luka kalian.


5. Tutup Luka Dengan Kain Kasa

 
Jika luka kalian hanya berukuran kecil, maka diamkan saja hingga mengering. Sebaliknya juga luka kalian berukuran besar, maka kamu bisa menutupnya dengan kain kasa terlebih bila kalian sering melakukan aktifitas diluar rumah. Dengan menutup luka dengan kain kasa dapat menjaga kulit tetap lembab serta membatu proses penyembuhan luka kalian. Tapi pastikan agar kain kasa diganti setaip sehari atau 2 hari sekali.


Yah jadi kurang lebih seperti itulah tips pertolongan pertama buat kalian yang terjatuh dari motor versi dari KaumRebahan.id. Semoga tips dan trik ini bisa bermanfaat bagi kalian, dan kalian gak perlu panik lagi deh.

0 komentar:

Posting Komentar