Budak Korporat Itu Apa Sih, Cek Fakta Berikut Ini

Budak Korporat Itu Apa Sih, Cek Fakta Berikut Ini
Sumber: kalikata.id
 

Kaum Rebahan ID --  Kalian pasti pernah dong mendengar istilah budak koroprat. Nah buat kalian yang bekerja sebagai karyawan diperusahaan manapun pasti kalian pernah meraskan yang namanya kerja dibawah tekanan bos kalian yang mungkin kurang menyenagkan buat kalian. Terlebih bos atau atasan kalian hanya menjadi kamu sebagai bahan candaan sinis atau sekedar merendahkan kalian. Pastinya kalian merasa kurang nyaman kan kalau hanya dijadikan budak korporat oleh atasan kalian.

 

Baca Juga:

Apalagi kalau kalian hanya dijadikan kelinci percobaan dari eksperimen boss kalian yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi kalian, pastinya ada rasa yang tidak menyenangkan buat kalian. Dalam kondisi ideal, status karyawan atau pegawai biasanya merupakan hasil persetujuan dan kerja sama antara perusahaan dan juga kalian sebagai pegawai yang diharapkan akan saling menguntungkan kedepannya.


Tapi pada faktanya, ada saja ketimpangan dan ketidakadilan antara kalian dan sang atasan yang seolah-olah hanya menjadikan kalian sebagai budak korporat saja. Buat kalian yang merasa sering jadi budak korporat oleh atasan kalian, tim KaumRebahan.id akan menyampaikan fakta dari budak korporat yang perlu kalian ketahui berikut ini.


1. Gaji Yang Tidak Sesuai Ekspektasi

 
Ini merupakan salah satu hal yang pastinya akan kalian temui, telebih buat kamu yang merupakan fresh graduate yang baru mulai masuk kesuatu perusahaan. Yap, gaji yang terkadang tidak sesuai yang kalian inginkan. Mungkin untuk fresh graduate, sebenarnya gaji yang kecil sebenarnya hal yang lumrah mengingat statusnya yang masih baru, tapi terkadang beban kerja yang ditanggung tidak sesuai dengan gaji dan ekspektasi yang kalian didapatkan, seperti ada rasa menyesal masuk ke perusahaan tersebut.


2. Dipersulit Ketika Meminta Cuti

 
Salah satu hal yang juga sering terdengar dari para orang-orang yang hanya dijadikan budak korporat oleh atasannya adalah sulitnya meminta hak cuti mereka. Mungkin kalian dianggap sebagai aset berharga dari perusahaan sehingga sang bos seperti tidak rela memberi waktu cuti ke kamu dengan dalih kurang professional. Padahal biar bagaimanapun itu kamu juga perlu paling tidak mendapat hak cuti, paling tidak untuk beberapa waktu, telebih bila ada hal yang tidak terduga seperti sakit, melahirkan, dan hal pribadi lainnya.


Baca Juga:

3. Jadwal Kerja Yang Tidak Masuk Akal

 
Salah satu hal sering dianggap sebagai budak korporat adalah jam kerja yang dianggap tidak sesuai ekspektasi. Misalnya jam kerjanya dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, tapi pada kenyataanya sering mendapat lembur tapi tidak dimbangi dengan upah tambahan yang setimpal. Pastinya akan sangat menyebalkan bukan. Atau misalnya ketika tanggal merah yang harusnya libur, tapi ternyata tetap masuk tapi tidak mendapat seperti bonus atau upah tambahan yang sesuai ekspektasi kalian bukan.

 

4. Kalian Takut Dengan Atasan

 
Untuk poin yang satu ini sebenarnya lebih ke hal subjektif yang mungkin saja penilaian antara satu orang dengan yang lain bisa saja berbeda. Atau mungkin kalian terlalu patuh kepada atasan kalian sehingga menjadi takut untuk beropini dan mengutarakan pendapat kamu terlebih tentang kebijakan perusahaan yang dirasa suka merugikan kamu. Sebenarnya tipe-tipe atasan setiap perusahaan memiliki pola yang berbeda dalam memperlakukan karyawannya. Nah disinilah kalian sebagai karyawan juga bisa menilai bagaimana perlakukan atasan atau boss kalian kepada para karyawan termasuk kepada kamu juga, apakah kamu merasa hanya dijadikan budak koroporat saja dan bagaimana kamu merespon setiap tindakan atasan kalian ke kamu.

 

Nah kurang lebih seperti itu fakta-fakta dari budak korporat itu seperti apa. Nah bagaimana, buat kalian sering dijadikan budak korporat, sudah dapat pencerahannya bukan. Semoga kalian bisa tercerahkan dan jangan mau jadi budak korporat lagi yah.

0 komentar:

Posting Komentar