5 Kuliner Yogyakarta Yang Wajib Kalian Coba Versi Kaum Rebahan ID

5 Kuliner Yogyakarta Yang Wajib Kalian Coba Versi Kaum Rebahan ID
Sumber: liputan6.com
 

Kaum Rebahan ID -- Selain menyimpan berbagai obyek wisata yang indah dan menarik perhatian banyak turis, Yogyakarta juga menyimpan banyak sekali wisata kuliner yang saying banget buat kalian lewatkan. Berbagai hidangan dan santapan lezat khas Yogyakarta bisa membuat kalian pengen berkunjung ke Yogyakarta lagi bukan.


Nah buat kalian yang berencana pengen berwisata ke Yogtakarta atau yang pas musim liburan panjang Maulid Nabi kali ini mau ke Yogyakarta dan pengen wisata kulner disana, berikut kita sampaikan 5 kuliner khas Yogyakarta yang wajib kalian coba versi dari tim Kaum Rebahan ID, dijamin bikin nagih deh.


1. Gudeg Jogja

 

Sumber: Wikipedia
 

Kota Yogyakarta sering dijuluki sebagai sebagai kota Gudeg. Wajar kalau makanan Gudeg merupakan hidangan asli khas Jogja. Makanan yang berbahan dasar nangka ini memang sangat menggoda lidh banget. Perlu diingat ada 2 jenis gudeg yang biasanya sering dijual seperti gudeg basah dan gudeg kering. Yang membedakan antara gudeg basah dan gudeg kering adalah teksturnya dimana gudeg kering biasanya dimasak lebih lama serta cendrung lebih manis serta warnanya lebih kecoklatan. Gudeg biasanya dihidangkan bersamaan dengan sambal goreng krecek, telur dan tempe.


2. Angkringan Jogja

 

Sumber: pegipegi.com

 

Nah yang satu ini pastinya wajib kalian coba, apalagi kalau bukan angkringan. Biasanya angkringan berbentuk kaki lima dan dalam bentuk grobak serta  lebih asik kalau makansambil lesehan dimalam hari yang pastinya lebih asyik. Makanan yang sering dijajakan dalam bentuk angkringan adalah nasi kucing, berbagai macam sate, serta berbagai gorengan.


3. Sate Klatak

 

Sumber: idntimes.com

 

Nah sate klatak termasuk yang wajib kalian coba kalau kalian mau berwisata kuliner ke Jogja. Pada dasarnya ini adalah sate kambing, tapi yang membuat  sate ini spesial adalah  daging sapinya gede-gede serta kalau biasanya tusuk sate itu menggunakan kayu, sate klatak menggunakan jeruji gerigi sepeda, menarik bukan.


4. Bakpia

 

Sumber: Wikipedia

 

Makanan yang satu ini juga jadi salah satu hidangan wajib kalau kalian lagi pergi ke Jogja serta sering dijadikan makanan oleh-oleh untuk dibawa pulang kekota asal kalian. Bakpia merupakan jenis kue yang terbuat dari tepung, gula, serta isian rasa untuk bakpianya. Bakpia biasanya memiliki rasa seperti kacang ijo, coklat dan durian.


5. Lotek Jogja

 

Sumber: travelingyuk.com

 

Pada dasarnya lotek hampir mirip dengan pecel, yaitu berupa rebusan sayuran, dan disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan dengan pecel adalah lotek juga terdapat tempe, dan didalam bumbu kacangnya juga dimasukan bumbu terasi. Biasanya lotek cendrung lebih manis daripada pecel. Sangat lezat bukan rasanya.


Jadi seperti itulah 5 kuliner khas Yogyakarta yang wajib kalian coba dan cicipi dan cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner versi Kaum Rebahan ID. Bagaimana, kalian pasti tertarik mencobanya bukan. Dan gak ada salahnya buat jadi oleh-oleh kalian buat dibawa ke kota asal kalian juga yah.

0 komentar:

Posting Komentar