Odading Mang Oleh Sedang Menjadi Jajanan Viral, Berikut Fakta Tentang Odading Yang Perlu Diketahui

Odading Mang Oleh Sedang Menjadi Jajanan Viral, Berikut Fakta Tentang Odading Yang Perlu Diketahui Kaum Rebahan ID
Odading Mang oleh

Kaum Rebahan ID -- Dunia maya akhir-akhir ini sedang digemparkan dengan viralnya video promosi jajanan odading mang oleh di Bandung, tak heran membuat masyarakat di dunia maya menjadi heboh. Dalam video yang sedang viral tersebut, cara Ade Londok untuk mempromosikan jajanan odading mang sholeh terbilang cukup unik dan sedikit ngegas untuk menunjukan betapa enaknya Odading Mang oleh ini.

 

Lalu yang membuat odading Mang Sholeh ini menjadi viral adalah dimana sang reviewer Ade Londok mengatakan rasanya seperti menjadi Iron Man. Sontak ucapan itu menjadi viral dan menurut beberapa orang dianggap lucu meskipun kedengarannya seperti tidak nyambung. Namun karena ucapannya itu yang membuat jajanan odading buatan Mang oleh ini menjadi viral mulai banyak diburu orang.


Baca Juga:

Mungkin diatara kalian yang mungkin kurang pahan apa sih makanan odading itu. Nah buat yang penasaran, berikut kita tampilkan nih fakta-fakta tentang jajanan odading yang perlu kalian ketahui nih.

 

1. Roti Goreng Khas Bandung

Buat kalian yang belum tahu apa itu odading, nah odading ini merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang sebenarnya sudah cukup lama terkenal, khususnya dikalangan orang-orang Sunda. Odading sendiri merupakan roti yang digoreng, yang biasanya juga dijual barengan dengan cakwe, sehingga sering dianggap mirip dengan cakwe. Nah perbedaan odading dan cakwe adalah dari rasanya dimana odading memiliki rasa yang lebih manis, sedangkan cakwe biasanya lebih asin serta penggunaan adonan dan tekstur yang berbeda antara cakwe dan odading.

 

2. Asal-Usul Nama Odading

Nah mungkin kalian belum banyak yang tahu kan asal-usul nama dari odading in ikan. Nah nama odading sendiri berasal dari kisah keluarga Belanda yang tinggal di Indonesia. Awal mulanya anak dari keluarga Belanda tersebut meminta ibunya untuk membeli jajanan yang dijual oleh warga sekitar. Karena tidak tahu nama jajanan yang dimaksud, sang anak hanya menunjuk-nunjuk ke penjualnya. Lalu setelah membelinya, sang ibu berkata dalam Bahasa Belanda O, dat ding yang artinya Oh Yang Itu. Lalu dikenalah nama odading karena warga sekitar tidak pernah memberi nama khusus untuk jajanan tersebut.

 

3. Odading Juga Memiliki Banyak Sebutan

Tahukah kalian bahwa sebenarnya jajanan odading tidak hanya dikenal di Bandung saja lho. Odading ini ternyata memiliki banyak nama sebutan yang lain dibeberapa daerah yang berbeda. Misalnya sering disebut juga roti bantal karena bentuknya yang menyerupai bantal. Lalu di Jawa Tengah, odading juga dikenal memiliki nama roti bolang-baling. Namun yang membedakan adalah roti ini sering ditaburi oleh biji wijen dilapisan luarnya. Dan juga di Medan sebutan untuk odading adalah roti bohong dimana karena isi rotinya hanya polosan saja.


 Baca Juga:

4. Varian Odading Dengan Aneka Rasa

Biasanya banyak orang awam menganggap bahwa odading hanyalah sebuah roti goreng tanpa isi atau hanya dilumuri biji wijen dibagian luarnya. Ternyata sekarang ini odading memiliki beragam varian aneka rasa yang lebih kekinian dan tidak hanya tampil seperti roti polosan saja. Salah satu contohnya adalah kedai bernama Hello Odading di Jalan Dipatiukur no 83, Bandung ini menawarkan odading dengan beragam varian rasa dan toping yang menarik serta menggugah selera kalian juga. Ada bermacam rasa seperti ovaltine, tiramisu, green tea, dark chocolate, strawberry, dan masih banyak jenis toping dan rasa yang lainnya.

 

Jadi begitulah fakta-fakta dari odading, salah satu jajanan tradisional yang sedang viral yang mungkin saja kalian belum ketahui kan. Nah bagaimana, apa kalian tertarik mau mencoba odading biar merasakan seperti menjadi Iron Man kan? Rasanya, anjim banget, seperti lelucon dari salah satuYoutuber setelah mencoba Odading ini.

1 komentar: