4 Tips Untuk Menghilangkan Kebosanan Saat Membaca Buku, Dijamin Ampuh Banget

4 Tips Untuk Menghilangkan Kebosanan Saat Membaca Buku, Dijamin Ampuh Banget
Sumber: Freepik
 

Kaum Rebahan ID -- Salah satu kegiatan atau hobi yang menarik untuk kalian lakukan untuk mengisi waktu senggang sangat banyak. Misalnya dengan membaca buku. Dengan membaca buku, ternyata memberi banyak manfaat yang baik untuk asupan ilmu pengetahuan kalian juga. Selain itu dengan membaca buku kalian juga bisa merilekskan segala beban dan pikiran yang pastinya membuat pikiran kalian menjadi lebih jernih dan mendapat banyak inspirasi.

 

Tapi bukan berarti membaca buku sepenuhnya menyenangkan. Salah satu yang menjadi kendala adalah membaca buku terasa seperti membosankan, apalagi bila buku yang dibaca kurang menarik isinya. Nah untuk mengatasinya, tim Kaum Rebahan ID akan memberikan 4 tips gimana sih caranya untuk menghilangkan kebosanan saat membaca buku, dijamin ampuh banget dan bisa kalian coba nih.


1. Mencari Buku Dengan Tema Yang Menarik

 
Salah satu alasan utama dari rasa bosan membaca buku adalah kalian malah membaca buku yang isinya kurang menarik atau kurang sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Untuk itulah, pastikan kalian sebelum membaca buku, carilah buku yang sesuai dengan topik atau kebutuhan yang kalian perlukan, sehingga tidak ada rasa penyesalan kedepannya. Misalnya kalian senang novel percintaan, kalian cari buku novel dengan tema tersebut. Atau kalau kalian ingin belajar menjadi orang sukses, bacalah buku yang berkaitan dengan motivasi dan pastikan kalian melihat dulu apakah buku tersebut menarik untuk dibahas.


2. Membaca Sambil Menggerakan Jari

 
Nah salah satu trik agar membaca buku tidak merasa membosankan adalah dengan menggerakan jari kalian ketulisan yang sedang kalian baca. Tujuannya untuk apa sih? Ternyata dengan menggerakan jari ketulisan yang sedang kita baca akan membuat kita tidak perlu capek-capek mengulang membaca bagian yang sudah kalian baca tadi dan kalian bisa lebih fokus ke tulisan selanjutnya agar tahu alur dari isi buku yang sedang kalian baca tersebut.


3. Mencari Tempat Yang Nyaman Untuk Membaca

 
Nah yang satu ini juga penting untuk kalian perhatikan, yaitu ketika kalian membaca buku, pastikan kalian mencari tempat yang nyaman dan tidak berisik agar kalian bisa lebih fokus membaca buku yang sedang kalian baca. Makanya tidak heran kan kalau kalian ke perpustakaan kalian sering menemui papan aturan dilarang berisik. Nah selain untuk menjaga ketertiban perpustakaan, peraturan itu dibuat agar orang sedang berkonsentrasi membaca buku bisa lebih fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal yang berisik tersebut.


4. Fokus Ketika Sedang Membaca

 
Nah yang ini juga cukup penting untuk menjaga konsentrasi kalian ketika sedang membaca buku dan membuat kalian tidak cepat merasa bosan ketika membaca buku. Yap kalian perlu fokus saja membaca dan hiraukan hal-hal yang malah justru akan membuat pikiran kalian buyar dan berkonsentrasi ketika membaca buku. Kalau bisa nih, coba jauhkan jangkau kalian dari handphone agar pikiran dan fokus kalian benar-benar tertuju pada bacaan yang sedang kalian baca agar tidak berujung dengaan rasa kebosanan karena terpecah fokusnya.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah 4 tips cara menghilangkan rasa kebosanan ketika sedang melakukan membaca buku versi Kaum Rebahan. Jadi gimana nih, kalian bisa gak nih praktekan apa yang sudah kita jabarkan diatas? Kalau bisa mengaplikasikan itu semua maka akan berdampak baik untuk asupan ilmu dari bacaan yang kalian baca tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar