10 Tips Menabung Di Usia 20+ Menurut Kaum Rebahan ID

10 Tips Menabung Di Usia 20+ Menurut Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Detik Finance

Dear Kaum Rebahan, menabung adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri, secara tidak langsung menabung mengajarkan anda untuk menyisihkan sebagian dari uang yang anda miliki saat ini untuk disimpan sebagai bekal yang akan berguna di kemudian hari.


Namun ternyata menabung tidak semudah yang dibayangkan, karena satu dan lain hal. Seperti terlalu sering nongkrong di cafe bersama teman-teman, ataupun  terlalu sering browsing dan berbelanja online.


Baca Juga :

Salah satu cara untuk konsisten menabung yaitu dengan menentukan tujuan, ketika tujuan menabung anda telah ditentukan bukan tidak mungkin anda akan semangat untuk menabung dan menggapai tujuan anda kelak dikemudian hari.


Namun jangan khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung dan menjaga kondisi finansial menjadi lebih baik, berikut ini adalah 10 Tips Menabung Di Usia 20+ Menurut Kaum Rebahan ID.

 

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Tentukan apa yang menjadi tujuan utama Anda menabung. ketika tujuan menabung anda telah ditentukan bukan tidak mungkin anda akan semangat untuk menabung. Jangan biarkan anda terlena dengan gaya hidup konsumtif sehingga membuat anda melupakan tujuan menabung yang telah anda buat.


2. Hindari Kebiasaan Buruk

Ketika anda ingin membeli suatu barang, pikirkanlah secara matang apakah anda benar – benar membutuhkan barang tersebut? Jika anda tidak membutuhkannya sebaiknya urungkan niat untuk membelinya, alokasikanlah dana pada kebutuhan anda.


3. Tentukan Nilai Tabungan

Ketika anda sudah bekerja dan mendapatkan gaji bulanan, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara memisahkan dan menentukan berapa nominal yang akan anda tabung setiap bulannya. Jangan sampai karena baru gajian anda melupakan tujuan menabung, oleh karena itu untuk dapat menabung dengan baik pisahkanlah uang tersebut di rekening yang berbeda.

 

4. Memanfaatkan Fitur Perbankan

Ada banyak aplikasi perbankan yang dapat dengan mudah anda temui, berbagai aplikasi tersebut menawarkan segala macam kemudahan dalam menabung juga bertansaksi di era digital seperti saat ini. Aplikasi perbankan tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengatur segala pengeluaran anda. Salah satu fitur yang dapat anda manfaatkan yaitu bebas biaya admin transfer antar bank, tentunya ini dapat menghemat pengeluaran anda.


5. Miliki Lebih Dari Satu Rekening Tabungan

Usahakan anda memiliki lebih dari satu rekening tabungan, ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam memisahkan antara gaji dan transaksi kebutuhan sehari-hari.


Baca Juga:

6. Bijak Gunakan Cashless (Pembayaran Digital)

Pembayaran digital saat ini semakin digemari, mengingat penggunaannya yang praktis juga memiliki banyak sekali promo yang bisa anda manfaatkan. Namun walaupun begitu jangan sampai terlena dan melupakan tujuan menabung karena banyaknya promo yang ditawarkan, karena pengeluaran kecil jika tidak terkontrol pun bisa menjadi membengkak.

 

7. Buatlah Celengan Sementara

Walaupun menabung di bank lebih aman dan terpercaya, namun tahukah anda bila tabungan konvensional juga masih menjadi primadona bagi sebagian kalangan. Tentunya anda juga bisa memanfaatkannya, kami menyarankan anda untuk membuat celengan sementara. Untuk membuat celengan sementara tersebut terbilang cukup mudah, anda hanya perlu mencari barang-barang yang tidak terpakai seperti toples dan sejenisnya. Carilah toples yang bisa dibuka dan ditutup tanpa merusak isi dari toples tersebut contohnya adalah toples bekas biskuit khongguan.

Celengan sementara ini nantinya akan disetor ke rekening khusus tabungan setiap bulannya, dengan memiliki celengan sementara ini anda akan lebih semangat menabung. 


8. Tabunglah Uang Kembalian

Tidak ada salahnya jika anda mecoba memanfaatkan uang kembalian tersebut untuk di tabung di celengan sementara, karena daripada uang kembalian tersebut terbengkalai alangkah baiknya jika anda menabung di celengan sementara sebelum anda menyetorkannya ke bank.

 

9. Tabung Juga Uang Receh Berbahan Logam

Yang tidak kalah seru, anda bisa mencoba memanfaatkan uang receh yang berbahan logam untuk menabung, ya walaupun anda tahu akan memakan waktu yang cukup lama namun apasalahnya jika anda mencoba menabung uang receh berbahan logam.


10. Buatlah Interval Waktu

Anda dapat menentukan sendiri interval waktu yang cocok untuk menyetorkan uang yang anda tabung di tabungan sementara ke bank terdekat, bisa dilakukan setiap bulannya atau mungkin dilakukan setiap enam bulan sekali. Yang harus di ingat adalah uang tabungan di celengan sementara jangan dipakai ya, tapi disetorkan ke rekening utama tabungan anda. Dengan begitu mimpi anda akan lebih cepat untuk dicapai.

 

0 komentar:

Posting Komentar