Laptop Kalian Suka Lemot, Mungkin Karena Ini Penyebabnya

 

Laptop Kalian Suka Lemot, Mungkin Karena Ini Penyebabnya
Sumber: Freepik
 

Kaum Rebahan ID -- Laptop bisa dibilang merupakan salah satu alat elektronik yang bisa dibilang banyak sekali dipakai oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui laptop ini, misalnya untuk bekerja, menonton video, atau mungkin untuk bermain game. Dan karena bentuknya yang termasuk ringan, maka tidak heran banyak orang menggunakan untuk laptop untuk menunjang segala aktivitas mereka karena bisa dibawa kemana-mana.


Tapi bukan berarti laptop tidak lepas dari yang namanya kelemahan. Karena seringnya kita menggunakan laptop, terlebih untuk laptop yang sudah mulai berumur, pastinya akan merasakan yang namanya lemot atau error. Pastinya menyebalkan bukan kalau laptop kalian sampai error atau lemot seperti itu.


Nah apa sih yang menyebabkan laptop kalian jadi lemot seperti itu? Tim Kaum Rebahan akan membahas penyebab laptop kalian suka lemot dan juga cara mengatasi agar laptop kalian terbebas dari yang namanya lemot atau error itu.


1. Hardisk Laptop Kalian Penuh

 
Jika laptop kalian tergolong sudah berusia Panjang, pastinya kalian menyimpan beragam file-file atau mungkin aplikasi yang pastinya akan memakan space hardisk laptop kalian. Nah jika hardisk laptop kalian penuh pastinya akan berpengaruh pada peforma dan kinerja laptop kalian. Nah untuk mengatasu hal tersebut, kalian paling tidak harus menghapus beberapa file atau apalikasi yang tidak perlu atau jarang terpakai untuk memperlega space hardisk laptop kalian.


2. Kapasitas RAM Yang Kecil

 
Salah satu alasan kenapa laptop kamu suka lemot adalah karena penyimpanan RAM yang kecil tapi memuat aplikasi atau game yang memerlukan RAM yang besar. Terlebih bila kamu membuka banyak aplikasi, pastinya akan menyita space RAM dilaptop kalian bukan. Nah untuk mengatasinya kalian bisa upgrade RAM kalian dengan kapasitas yang lebih besar dengan tujuan untuk memperlega RAM dan memperlancar performa dan kinerja laptop kamu.


3. Laptop Terkena Virus

 
Nah untuk hal yang satu ini pastinya sering dialami oleh kalian nih. Mungkin saja laptop kalian terkena virus yang akan mempengaruhi kinerja dari laptop kalian tidak optimal. Misalnya kalian menginstall suatu aplikasi tetapi kalian tidak menyadari kalau aplikasi yang kalian install itu mengandung virus yang akan membuat laptop kalian menjadi lemot. Nah untuk mengatasinya, sebaiknya kalian pasang antivirus untuk menjaga laptop kalian terhindar dari virus yang justru akan merusak laptop kalian nantinya. Dan juga pastikan juga kalau antivirus itu aman untuk digunakan yah.


4. Umur Hardisk Yang Sudah Mulai Menua

 
Hal yang satu sering kali dianggap enteng oleh banyak orang, tapi taukah kalian, bahwa hardisk juga memiliki umur masa pakainya juga lho. Dengan semakin menuanya hardisk, maka juga akan berpengaruh terhadap kinerja dan peforma dari laptop kalian juga lho. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan segera mengganti hardisk pada laptop kalian. Nah sebelum kalian mengganti hardisknya, pastikan kalian untuk back up data pada file-file penting kalian terlebih dahulu. Nah sebaiknya kalian ganti menggunakan SSD karena dengan SSD memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dan lebih baim daripada Hardisk.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah penyebab beserta cara mengatasi dari laptop kalian yang suka lemot versi Kaum Rebahan. Sekarang kalian gak perlu lagi deh panik dan khawatir kalau laptop kalian lemot.

0 komentar:

Posting Komentar