7 Manfaat Silaturahmi Menurut Kaum Rebahan ID

7 Manfaat Silaturahmi Menurut Kaum Rebahan ID
Sumber Gambar Freepik

Kaum Rebahan ID -- Silaturahmi merupakan salah satu kegiatan untuk menyambung kembali tali persaudaraan antar sesama umat manusia, kegiatan ini tidak hanya bisa anda lakukan pada hari raya idul fitri melainkan dapat anda lakukan kapan saja dan dimana saja.


Baca Juga :

Silaturahmi memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi diri anda sendiri maupun orang lain, maka tak heran silaturahmi masih dilakukan sampai dengan saat ini. Untuk anda yang penasaran mengenai manfaat silaturahmi, tidak perlu khawatir karena Kaum Rebahan ID telah merangkum 7 Manfaat Silaturahmi Menurut Kaum Rebahan ID yang bisa anda baca. Penasarankan? Yuk disimak, 

 

1. Menyambungkan Kembali Tali Persaudaraan

Manfaat Silaturahmi yang pertama yaitu dapat menyambung kembali tali persaudaraan yang telah terputus, terputus dalam artian sudah lama tidak terjalin komunikasi yang disebabkan oleh berbagai hal terhalang oleh jarak dan kesibukan. Dengan bersilaturahmi anda bisa bercengkerama bersama sanak saudara mapun kerabat yang sudah lama tak bertemu. Anda bisa berbagi cerita dengan mereka, ataupun membahas hal-hal ringan. Oleh karena itu selalu penting untuk selalu menjaga tali silaturahmi.

 

2. Memperluas Rezeki

Manfaat Silaturahmi yang kedua yaitu dapat memperbanyak rezeki, rezeki tidak hanya berupa material saja namun rezeki bisa berupa apasaja seperti keberkahan harta. Bisa jadi sanak saudara yang anda kunjungi tengah dilanda kesulitan dalam hal ekonomi, ketika anda memberikan sedikit bantuan tentu anda mendapatkan keutamaan yang pertama keutamaan sedekah dan yang keutamaan silaturahmi.

 

3. Memperpanjang Usia

Manfaat Silaturahmi yang ketiga yaitu dapat memperluas rezeki, melainkan juga dapat memperpanjang usia. Oleh karena itu perbanyaklah bersilaturahmi, karena silaturahmi memiliki banyak manfaat.

 Mengutip hadist yang diriwayatkan al-Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bersilaturahim.”


Baca Juga :

4. Menjauhkan Dari Panasnya Api Neraka

Manfaat Silaturahmi yang ke empat yaitu dapat menjauhkan diri dari panasnya api neraka, karena silaturahmi merupakan salah satu perintah Allah SWT. Tentunya sebagai hambanya tentu kita harus mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya

 

5. Menunjukkan Iman kepada Allah SWT

Manfaat Silaturahmi yang kelima yaitu dapat menunjukan iman seorang hambanya kepada Allah SWT. Sebab orang dapat dikatakan beriman ketika seorang telah menerapkan tiga unsur penting yaitu percaya dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan wujud amal perbuatan. Sebab menjaga tali silaturahmi merupakan perintah Allah SWT.

 

6. Menggugurkan Dosa

Manfaat Silaturahmi yang keenam yaitu dapat menggugurkan dosa, ketika dua insan manusia saling berjabat tangan. Berjabat tangan bukan hanya menunjukan kedekatan seseorang, melainkan anjuran Allah SWT. Karena ketika berjabat tangan dosa kedua insan manusia tersebut akan berguguran.

 

7. Meluruskan Kesalahpahaman

Manfaat Silaturahmi yang pertama yaitu dapat meluruskan berbagai kesalahpahaman antar sesama umat manusia, kesalahapahaman tersebut jika tidak diluruskan tentu dapat mengakibatkan terputusnya tali silaturahmi. Oleh karena itu sebelum tali silaturahmi terputus alangkah baiknya untuk segera meluruskan kesalahpahaman tersebut, karena seberat apapun permasalahan jika dikomunikasikan dengan baik baik tentu akan berakhir baik pula.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar