Gandeng Berbagai Komunitas, WCD Kota Tangerang 2020 Sukses Di Gelar Dari Rumah


Kaum Rebahan ID Gandeng Berbagai Komunitas, WCD Kota Tangerang 2020 Sukses Di Gelar Dari Rumah
Sumber Gambar Istimewa

Kaum Rebahan ID -- Hari bersih -  bersih sedunia atau yang dikenal dengan World Cleanup Day diperingati setiap tanggal 21 September.  Kegiatan Ini menjadi ajang membersihkan sampah di lingkungan sekitar dan dilakukan serentak di 157 negara termasuk Indonesia.

 

Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada kegiatan tahun lalu acara pilah sampah ini di selenggarakan di suatu tempat terbuka dan bisa di ikuti oleh banyak relawan dari berbagai daerah. Namun karena tahun ini masih dalam masa pandemi, akhirnya aksi tersebut diselenggarakan dari rumah masing masing untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Kaum Rebahan ID Gandeng Berbagai Komunitas, WCD Kota Tangerang 2020 Sukses Di Gelar Dari Rumah
Sumber Gambar Istimewa

Meskipun di selenggarakan di lingkungan rumah masing-masing, namun tetap tidak menyurutkan semangat para relawan yang ikut memeriahkan aksi mulia ini salah satunya relawan dari WCD Provinsi Banten. 8 Kabupaten &  Kota di Provinsi Banten juga turut berkontribusi dalam aksi serentak ini di lingkungannya masing-masing, diantaranya Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak, Kabupaten Tangerang , Kota Tangerang  Selatan & Kota Tangerang. 

 

Baca Juga:

Berbeda dengan Kota dan Kabupaten lainnya di Provinsi Banten, WCD Kota Tangerang memilih untuk menyelenggarakan kegiatan ini selama 2 hari,  yakni dari tanggal 18 s.d 19 September 2020.  Hari pertama dimulai dengan kegiatan pilah sampah dimulai dari rumah masing -  masing, relawan tidak hanya memungut sampah dari rumah mereka juga di bekali bagaimana cara memilah sampah yang sesuai dengan penggolongannya. 

 

Kemudian hasil sampah yang sudah dipilah dari rumah masing-masing bisa dibawa ke TPS 3R,  Perusahaan Daur Ulang,  Pengepul ataupun Bank Sampah. Tidak hanya itu, para relawan juga diwajibkan untuk mengisi formulir secara online.  Tujuannya ialah untuk mempermudah panitia untuk melakukan pendataan, mereka juga dianjurkan untuk mempublikasikan kegiatan mereka di akun sosial media.

 

Kaum Rebahan ID Gandeng Berbagai Komunitas, WCD Kota Tangerang 2020 Sukses Di Gelar Dari Rumah
Sumber Gambar Istimewa

Hari kedua merupakan acara Ceremonial dari serentetan acara yang diselenggarakan WCD Kota Tangerang, kegiatan ini diselenggarakan di BANKSASUCI (Bank Sampah Sungai Cisadane) pada Sabtu 19 September 2020. Edukasi menjadi poin utama dalam kegiatan WCD Kota Tangerang di hari ke 2 salah satunya pembahasannya juga menyinggung mengenai permasalahan sampah dan mempraktikan secara langsung cara memilah sampah.

 

Tujuan diadakannya edukasi ini yaitu untuk membuka cakrawala dan polapikir masyarakat terutama tentang permasalahan sampah. Mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19 hanya 10 orang perwakilan dari komunitas yang dapat mengikuti acara ceremonial ini secara langsung. diantaranya RISMU Kavling Pemda, Karang Taruna Kavling Pemda,  Earth Hour Kota Tangerang,  TeRuCI Chapter Tangerang,  WCD Provinsi Banten.

 

Baca Juga:

Protokol kesehatan dipastikan tetap berjalan selama pelaksanaan kegiatan ini, berkat kerjasama antara panitia pelaksana dengan BANKSASUCI. Diantaranya pemeriksaan suhu tubuh sebelum pelaksanaan,  mewajibkan untuk mencuci tangan,  mewajibkan setiap peserta maupun panitia untuk menggunakan masker, serta memastikan peserta maupun panitia untuk tetap menjaga jarak aman.

 

Leader WCD Kota Tangerang,  Dio Chandra mengatakan,  Kegiatan WCD tahun ini berjalan dengan lancar, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara ini.  meskipun diselenggarakan dari lingkungan rumah masing-masing namun antusias dari teman teman relawan sangat luar biasa.

 

Tercatat dalam kegiatan kali ini total 130 relawan dari WCD Kota Tangerang ikut berpartisipasi di acara pilah sampah dari rumah,  untuk jumlah peserta di Kota Tangerang mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

 

Ini membuktikan bahwa masyarakat kita sedikit demi sedikit sudah mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan benar, walaupun diselenggarakan dari rumah masing-masing namun tidak menyurutkan antusias para relawan untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

 

Belum diketahui berapa banyak sampah yang terkumpul,  karena tim kami masih dalam proses pendataan. Untuk teman -  teman relawan yang tidak dapat hadir pada acara Ceremonial ini tidak perlu khawatir, karena seluruh rangkaian kegiatan nantinya dapat dilihat di Youtube & Instagram kami.

 

Kaum Rebahan ID Gandeng Berbagai Komunitas, WCD Kota Tangerang 2020 Sukses Di Gelar Dari Rumah
Sumber Gambar Istimewa

Hal senada juga di sampaikan Co-Leader WCD Provinsi Banten,  Himawan mengatakan,  "Walau ditengah pandemi namun tak menyurutkan niat dan semangat teman-teman di Kota Tangerang". Ia juga berharap agar "semakin banyak masyarakat Kota Tangerang yang sadar akan pentingnya lingkungan dan dapat memilah sampah dari rumah".

 

Sementara itu dalam sambutannya, kang fale mewakili BANKSASUCI mengatakan,  "Acara ini bagus, dimana kepedulian teman-teman diluar sana memiliki beberapa kesamaan visi-misi dengan kami". "Salah satunya bagaimana merubah pola pikir masyarakat diluar sana untuk peduli akan sampah karena sampah memiliki nilai".

1 komentar: