Langkah Cerdas Menghadapi Kritik Dari Orang Lain Versi Kaum Rebahan ID

Langkah Cerdas Menghadapi Kritik Dari Orang Lain Versi Kaum Rebahan ID
Sumber: Freepik

Jakarta - Hello Kaum Rebahan, dalam kehidupan pasti kalian akan sering mendapatkan yang namanya kritik. Dalam kebanyakan kasus, orang yang mendapatkan kritik menganggap kritik malah akan membuat kita semakin down dan merasa kesal serta dianggap tidak bisa memenuhi apa yang diinginkan orang lain. Tapi disisi lain, kritik merupakan salah satu jalan agar kalian bisa memperbaiki diri kalian, baik secara kualitas maupun pengembangan diri kalian juga.


Baca Juga:

Sebenarnya gak selamanya kritik dari orang lain itu menyebalkan dan membuat kalian gak berdaya kok. Tinggal bagaimana kalian menyikapi dalam menghadapi kritik yang ditujukan kepada kalian agar kalian merasa lebih baik lagi dan tidak kepikiran hal negatif dari kritik tersebut. Nah buat kalian yang sedang ngerasain gak enaknya dikritik, tim Kaum Rebahan ID akan memberikan kalian tips Langkah cerdas untuk menghadapi kritik dari orang lain berikut ini.


1. Tetap Tenang

 
Salah satu kebiasaan buruk orang-orang yang mendapatkan kritik dari orang lain adalah gampang tersinggung dan tidak tenang. Nah hal tersebut bukannya malah menyelesaikan masalah yang ada malah bikin masalah jadi runyam gara-gara kalian gak terima kritik dari orang lain. Nah sekarang coba deh kalian untuk lebih tenang dalam menyikapi kritik dari orang tersebut dan jangan baper atau emosi kalau ada yang kritik kalian. Terima saja dan jadikan itu pelajaran agar kalian bisa jadi lebih baik lagi.


2. Mendengarkan Terlebih Dahulu

 
Nah biasanya dalam beberapa kasus, orang yang tidak senang dikritik biasanya akan masa bodo atau tidak mau mendengarkan apa kata orang lain kepada kamu akan suatu masalah. Padahal yang ada malah justru akan membuat masalah jadi gak selesai-selesai dong. Makanya itu, pentingnya kalian untuk lebih mendengarkan apa kata orang lain adalah sebuah keharusan. Coba tahan emosi kalian dan dengarkan saja, meskipun menyebalkan, terima saja dan jadikan itu semua bahan introspeksi kalian yah.


3. Mencerna Kritik Dengan Baik

 
Sebenarnya hampir sama dengan nomor 2 tadi, tapi yang membedakan adalah disini kalian lebih difokuskan untuk lebih mencerna dan perhatikan apa yang dikatakan orang lain terhadap kamu. Ingat jika emosi kamu tidak terkontrol dan pikiran tidak jernih, bukannya menyelesaikan masalah yang ada malah muncul masalah baru yang tidak perlu terjadi akibat kalian yang lebih mementingkan ego kalian sendiri tanpa mengindahkan apa kata orang lain.


Baca Juga:

4. Menanyakan Saran dan Solusi Yang Harus Diselesaikan

 
Nah yang terakhir adalah setelah kalian mendengar kritik dari orang lain tersebut. Kalian boleh kok menanyakan apa saran dan solusi yang harus bisa diselesaikan agar masalah tersebut bisa segera terselesaikan. Atau juga kalian bisa jadikan saran dan solusi dari orang lain itu sebagai bahan pembelajaran dan menjadi motivasi agar kalian bisa lebih baik dari sebelumnya.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah tips Langkah cerdas dalam menghadapi kritikan dari orang lain yang perlu kalian ketahui versi Kaum Rebahan ID. Inget yang perlu dipahami lagi, kritikan orang lain itu gak selamanya karena mereka benci sama kalian, tapi itu sebagai tanda saying dan perhatian kepada kalian dan mau kalian jadi pribadi yang lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar