Membuat Perencanaan Usaha Yang Baik Bagi Para Pemula Versi Kaum Rebahan ID

 

Membuat Perencanaan Usaha Yang Baik Bagi Para Pemula Versi Kaum Rebahan ID
Sumber: Freepik

Hello Kaum Rebahan, adakah diantara kalian yang punya cita-cita atau mungkin dalam waktu dekat ini sedang ingin membangun usaha baru. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang, untuk melamar kerja bisa dibilang jauh lebih suolit bila dibandingkan biasanya. Dengan iklim ekonomi saat ini yang masih belum stabil hingga akhir 2020 ini, meskipun perlahan-lahan sudah mulai bangkit, membuat banyak orang yang mulai berfikiir dan dan mencari haluan baru untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.


Baca Juga:

Salah satu langkah yang diambil beberapa orang adalah dengan membangun usaha sendiri. Apalagi buat kalian penggemar drama Korea yang kemarin sedang hype dengan drama series “Start-Up” yang dibintangi oleh Nam Joo-Huk, Bae Suzy, Kim Seon-Ho dan Kang Han-na yang berkisah tentang bagaimana mereka merintis bisnis start-up baru yang ternyata menjadi inspirasi banyak orang untuk mencoba berbisnis atau membuka usaha baru.


Untuk membangun bisnis dan membuka usaha baru seperti start-up ini memang membutuhkan trik dan jurus yang baik dan benar agar bisa berkembang, terutama buat kalian yang masih baru dan awam banget dalam hal yang satu ini. Dan juga ketika usaha kaliahn sudah mulai berjalan juga membutuhkan langkah dan strategi yang tepat agar bisa terus berkembang kearah yang lebih baik.  Nah tim Kaum Rebahan ID akan memberikan kalian tips dan trik membuat perencanaan usaha yang bagi kalian para pemula yang baru terjun kedunia ini seperti yang berikut ini.


1. Memilih Jenis Usaha

 
Hal pertama yang paling basic dan utama adalah kalian harus tentukan terlebih dahul jenis bidang usaha apa yang pengen kalian bangun. Misalnya kalian senang kuliner cobalah untuk membuat bisnis kafe atau restoran, atau kalau kalian senang dunia fashion kalian bisa membuka clothing line dengan brand kalian sendiri. Dan saran kita sih kalian bikin usaha yang sesuai dengan passion dan kesukaan kalian yah.


2. Menentukan Lokasi Usaha

 
Nah yang satu ini juga penting banget nih agar mendukung berkembangnya bisnis kalian. Dengan memilih lokasi usaha dan bisnis yang tepat, maka usaha kalian pastinya akan naik dengan sendirinya. Maka sebelum membuka usaha dan bisnis yang baru kalian pelajari dulu apakah bisnis kalian memungkinkan untuk dilakukan dirumah atau membutuhkan tempat seperti ruko untuk menjalankan roda bisnis kalian, jadi harus dipikirkan matang-matang terlebih dahulu yah.


3. Besarnya Modal Yang Diperlukan

 
Untuk membuka usaha dan bisnis yang baru tentunya diperlukan modal yang besar dan berasal dari mana sumber modal yang kalian perlukan. Nah sebaiknya sih kalian menggunakan modal dari tabungan pribadi kalian sebagai modal awal untuk memulai usaha dan bisnis kalian. Dan yang terpenting, jangan pernagh mencoba memulai usaha dan bisnis kalian dari modal yang berasal dari hutang, yang ada kalau ternyata bisnis kalian rugi dan menanggung hutang yang besar, bukannya untung, malah bunting deh.


Baca Juga:

4. Meprediksi Laba dan Rugi Yang Akan Diterima

 
Nah sebelum kalian membuka usaha, kalian juga harus menghitung bagaimana pengeluaran dan pendapatan dari usaha yang kalian bikin. Dan juga menghitung laba dan rugi yang akan ditanggung agar kalian bisa mempersiapkan dan menjaga-jaga kalau sewaktu-waktu usaha yang bangun tersebut tidak berjalan sesuai dengan yang kalian inginkan.


5. Strategis Bisnis Yang Ingin Dijalankan

 
Nah yang satu ini juga sangat penting dan butuh perencanaan yang matang. Kalian harus berstrategi gimana cara agar usaha dan bisnis kalian bisa berkembang pesat. Misalnya dengan gencar promosi dimedia sosial maupun membuat program promosi maupun membuat konten yang sebaik mungkin agar usaha dan bisnis kalian kelak bisa naik.


6. Evaluasi Secara Berkala

 
Ketika usaha kalian sudah berjalan dan hasil yang kalian dapatkan sudah memuaskan bukan berarti kalian cepat berpuas diri. Kalian paling tidak lakukan evaluasi secara berkala dan lakukan pembenahan secara rutin untuk tetap menjamin usaha dan bisnis kalian bisa terus berjalan lancar. Paling tidak lakukan evaluasi secara berkala setiap 3 atau 6 bulan sekali.


Nah jadi kurang lebih seperti itulah tips dan trik membuat perencaan usaha yang baik bagi kalian para pemula yang ingin memulai membuka usaha dan bisnis baru versi Kaum Rebahan ID. Nah yang terpenting itu semua adalah selalu banyak berdoa dan diiringin usaha dan kegigihan yang kuat agar yang sedang kalian jalankan ini bisa berjalan sesuai keinginan kalian.

0 komentar:

Posting Komentar